Cegah Si Silent Killer! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Adakan Senam Hipertensi Di Desa Blimbing

Pemalang (17/08/2023) – Penyakit Hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan di dunia yang juga disebut  sebagai  The  Silent  Killer  yaitu  penyakit  mematikan  tanpa  adanya tanda  dan  gejalanya  terlebih  dahulu  sebagai  peringatan  bahayanya. Dokter dari Perhimpunan Hipertensi Indonesia Dr. Tunggul Situmorang SpPD-KGH,FINASIM mengatakan tekanan darah merupakan penyebab utama kematian di dunia tapi juga menjadi beban utama sehingga ini menjadi masalah global.

Upaya pencegahan Hipertensi tidak hanya dengan pengobatan farmakologi saja, tetapi upaya non farmakologi juga dapat mencegah terjadinya Hipertensi. Salah satunya yaitu dengan aktivitas Senam Hipertensi. Senam Hipertensi dapat merangsang peningkatan kekuatan pompa jantung serta merangsang vasodilatasi pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan terjadi penurunan tekanan darah.

Menurut data kesehatan Desa Blimbing, hampir semua lansia mempunyai tekanan darah diatas normal. Oleh karena itu perlunya upaya untuk mengurangi angka Hipertensi di Desa Blimbing, salah satunya yaitu dengan Senam Hipertensi. Seorang mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2023, Muta’azziyah Faqiyatul Lestari berhasil menggalakkan cegah Silent  Killer dengan melakukan Senam Hipertensi bersama ibu-ibu PKK.

Senam Hipertensi dilakukan pada hari Sabtu, 22 Juli bertempat di Balai Desa Blimbing pukul 15.30 – 17.00 WIB yang dihadiri ibu-ibu PKK. Sebanyak 26 ibu-ibu PKK antusias mengikuti Senam Hipertensi dan menginginkan kegiatan senam hipertensi dilakukan rutin setiap minggunya. Harapannya setelah dilakukannya Senam Hipertensi, Warga Blimbing dapat mengetahui bahwa Hipertensi dapat dicegah melalui tindakan nonfarmakologi yaitu dengan Senam Hipertensi. Selain itu, dengan diadakannya Senam Hipertensi ini diharapkan angka kasus Hipertensi di Desa Blimbing dapat menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *