Aku Sehat, Aku Makan Ikan! Kurangi Angka Stunting, Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Program GAMSTING (Gerakan Mencegah Stunting) di SDN 02 Blimbing

Pemalang (09/08/2023) – Maraknya angka stunting pada anak di Indonesia khususnya Pemalang, dengan persentase stunting sebanyak hampir 20% membuat Diva Arivannisa, mahasiswa KKN UNDIP menggagas GAMSTING atau Gerakan Mencegah Stunting dengan tema “Pentingnya Makan Ikan pada Masa Pertumbuhan Anak”. Sasaran program pemberian edukasi ini adalah siswa SDN 02 Blimbing khususnya pada jenjang kelas 3 dan 4. Materi ini sangat penting untuk anak-anak ketahui karena pada masa pertumbuhan mereka sangat membutuhkan kandungan gizi yang berkualitas dan kaya akan nutrisi seperti ikan.

Ikan merupakan hewan laut yang memiliki kandungan ajaib penunjang pertumbuhan anak. Ikan memiliki Omega-3 yang baik untuk kecerdasan otak, protein hewani yang baik untuk pertumbuhan sel, Vitamin C, A, D, E, K yang tentunya sangat baik untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh. Kegiatan GAMSTING ini diawali dengan pemberian materi tentang pentingnya mengonsumsi ikan untuk mencegah stunting yang dipresentasikan dengan desain materi yang menarik. Setelah pemberian materi, anak-anak diminta untuk mengulas serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya. Siswa-siswa tersebut memiliki antusias yang sangat tinggi yang terlihat dari mereka yang bersaing untuk menjadi yang tercepat serta tepat menjawab peetanyaan. Mereka mampu menerima serta memahami materi dengan baik sehingga indikator keberhasilan program ini tercapai.

Kegiatan ini ditutup dengan memakan bekal bersama. Satu hari sebelumya, mereka diminta untuk membawa bekal ikan dari rumah masing-masing. Siswa SD tersebut sangat bersemangat menunjukkan bekal yang mereka bawa. Ada yang membawa ikan lele, bawal, tongkol, dan ikan-ikan lainnya. Selain memberikan edukasi tentang pentingnya ikan, mahasiswa KKN tersebut juga mengenalkan jenis-jenis ikan sesuai dengan yang mereka bawa. GAMSTING dapat menjadi solusi untuk mengurangi jumlah stunting serta melahirkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • https://e-learning.smpnegeri1kandis.sch.id/