Tolak Plastik Sekali Pakai! Mahasiswa KKN UNDIP Membangun Karakter Siswa yang Cinta Lingkungan dengan Mengurangi Penggunaan Plastik Melalui Cara Sederhana yang Berdampak

Pemalang (08/08/2023) – Berangkat dari permasalahan sampah yang ada di Desa Blimbing, mahasiswa KKN TIM II UNDIP, Diva Arivannisa, melaksanakan program Tumbler Campaign: Tolak Plastik Sekali Pakai sebagai solusi dan upaya preventif untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan Desa Blimbing. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa dan siswi SDN 02 Blimbing, tepatnya di jenjang kelas 3 dan 4 dengan total 42 siswa.

Dari sudut pandang Oseanografi dan Ilmu Kelautan, sampah-sampah plastik tersebut akan menjadi salah satu penyebab pencemaran di laut. Mikroplastik yang terkandung akan mengubah kualitas air dan tentu saja membahayakan biota laut di dalamnya. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan manusia yang mengonsumsi hewan laut tersebut, seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan sebagainya.

Berdasarkan fakta, limbah plastik di lautan telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut, dan ikan-ikan dalam jumlah besar tiap tahun. Selain untuk mengurangi sampah plastik, pemberian materi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian siswa terhadap makhluk hidup dan memahami urgensi sampah plastik yang mengancam berbagai ekosistem.Pada program Tumbler Campaign ini, siswa SDN 02 Blimbing mempelajari bagaimana cara membangun kebiasaan baik untuk berhenti menggunakan produk plastik sekali pakai dengan cara-cara yang sederhana. Beberapa kebiasaan yang bisa dimulai adalah dengan membawa botol tumblr agar tidak membeli botol mineral sekali pakai, membawa tas kain/totebag agar tidak memakai kantung kresek, dan mampu untuk mengolah sampah plastik menjadi karya seperti ecobrick.

Anak-anak sebagai sasaran program terlihat sangat antusias dan aktif selama pemaparan materi berlangsung. Tak sedikit dari mereka yang mengangkat tangan ketika sesi tanya jawab dibuka. Beberapa dari mereka juga mengajukan pertanyaan yang kritis, seperti “Apakah sampah darat juga bisa mencemari udara?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Siswa yang aktif dan sudah terbiasa membawa botol minum dari rumah mendapatkan apresiasi berupa pin kampanye Tolak Plastik Sekali Pakai yang dipakaikan pada baju mereka. Dengan memberikan apresiasi dan memupuk kebiasaan hidup yang ramah lingkungan sejak dini, diharapkan siswa SDN 02 Blimbing tumbuh menjadi generasi yang peduli lingkungan dan mampu menjaga bumi dengan mengurangi penggunaan sampah plastik. Botol plastik sekali pakai? No. Botol tumbler? yes!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *