Solutif! Mahasiswa KKN UNDIP Sulap Sampah Plastik Menjadi Taman Ecobrick

Pemalang (10/08/2023) – Mahasiswa KKN TIM II Undip Periode 2022/2023 telah berhasil menciptakan sebuah solusi kreatif yang sangat menarik bagi masyarakat Desa Blimbing, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. Dalam upaya mengurangi sampah plastik di sekitar Desa Blimbing, Mahasiswa KKN Undip membuat taman ecobrick yang berasal dari sampah plastik bekas sebagai salah satu program multidisiplin.

Ecobrick berasal dari dua kata pembentuknya, Eco dan Brick, secara sederhana didefinisikan sebagai batu bata ramah lingkungan. Pembuatan ecobrick memanfaatkan sampah plastik bekas dalam pembuatannya. Botol plastik bekas yang kosong diisi oleh sampah kemasan plastik kemasan bekas sehingga menjadi sebuah ecobrik.

Dalam proses pembuatannya, Mahasiswa KKN harus mengumpulkan sampah plastik terlebih dulu dengan cara meminta bantuan warga untuk mengumpulkan sampah platik bekas di rumahnya masing-masing. Setelah pengumpulan, sampah plastik dibersihkan. Kemudian, sampah plastik diolah menjadi sebuah ecobrick.

Kegiatan ecobrick dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut di SDN 02 Blimbing. Hari pertama, Mahasiswa KKN dibantu dengan siswa/I SD mengolah sampah menjadi ecobrick. Hari kedua dan ketiga, Mahasiswa KKN mulai membuat kursi dan meja yang akan dijadikan taman. Hari keempat, peresmian dan penyerahan taman ecobrick kepada kepala sekolah.

Pembuatan taman ecobrick disambut baik oleh warga SDN 02 Blimbing. Taman ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Blimbing terhadap pengolahan sampah plastik. Sehingga, lingkungan sekitar desa tidak banyak polusi akibat pembakaran sampah ataupun pembuangan sampah plastik di sungai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *