Say No To Corruption! KKN Undip Desa Blimbing Adakan Pendidikan Anti Korupsi Untuk Siswa SD

Pemalang (08/08/2023) – Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu kegiatan yang ditujukan untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengabdi. Wujud pengabdian terhadap bangsa dan negara memang beragam macamnya, salah satunya adalah mengedukasi terkait bahaya Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme sejak dini. Sebab, korupsi menjadi patologi yang sangat merugikan bagi bangsa dan negara.

Berbekal kesadaran tersebut, KKN Tim II Undip Desa Blimbing, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, menggelar penyuluhan bertajuk Pendidikan Anti Korupsi untuk Siswa SD, karena siswa adalah aset emas bagi Indonesia untuk mengisi kemerdekaan di masa kini dan mendatang. Selain itu, Jauharotul Munawaroh sebagai mahasiswa Ilmu Pemerintah FISIP Undip juga menuturkan bahwa Desa Blimbing akan dijadikan sebagai contoh Desa Anti Korupsi di Pemalang.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di SDN 02 Blimbing dengan sasaran utama siswa kelas 6. Acara berlangsung dari pukul 10.20 – 11.30 WIB dan berjalan dengan lancar. Dalam agenda tersebut, para siswa diberikan edukasi mengenai apa itu korupsi, penyebab korupsi, contoh perilaku koruptif, dan nilai-nilai anti korupsi. Tentu saja, model pembelajaran yang disampaikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menambahkan ilustrasi dari kehidupan sehari-hari untuk mempermudah pemahaman bagi siswa.

Penyuluhan tersebut juga membahas tentang strategi utama pemberantasan korupsi yang harus dimulai dari fase pendidikan, pencegahan, dan penindakan. Ketiga proses ini merupakan model penanganan yang akan menyasar pada tujuan agar orang-orang tidak ingin korupsi, tidak bisa korupsi, dan takut untuk melakukan perbuatan korupsi.

Siswa yang diberikan penyuluhan nampak antusias menyimak materi yang diberikan. Dalam melakukan penyuluhan, KKN Tim II Undip Desa Blimbing memberikan poster yang dapat mendukung efektivitas penyampaian materi secara visual. Selain itu, di sesi akhir materi terdapat kuis untuk mengasah kemampuan siswa setelah mendapat materi tentang korupsi dengan media games teka-teki silang. Games ini sekaligus berperan sebagai salah satu ice breaking agar siswa tidak jenuh selama mendapatkan materi.

Para Guru SDN 02 Blimbing memberikan respon positif atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan anti korupsi untuk siswa-siswinya. Mereka berharap bahwa KKN Tim II Undip dapat terus bersinergi untuk membangun negeri dan mampu menanamkan nilai-nilai seperti jujur, disiplin, dan tanggung jawab kepada siswa sebagai pilar untuk memberantas korupsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *