HEBAT: Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Pembaharuan Peta Administrasi Desa Blimbing dengan Teknologi GIS dan Citra Google Earth

Blimbing (24/07/2023) – Sebuah inisiatif yang inovatif dan berdampak positif telah dilakukan Nick Nurfaizi Fakultas Teknik, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (UNDIP). Pada tanggal 24 Juli 2023, mereka berhasil merampungkan proyek pembaharuan peta administrasi Desa Blimbing dengan penggunaan teknologi Geographical Information System (GIS) serta citra Google Earth.

Dalam rangka memenuhi tugas KKN, kelompok mahasiswa ini tidak hanya menjalankan kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga menciptakan perubahan yang nyata dalam lingkungan sekitar. Salah satu proyek yang mereka pilih adalah melakukan pembaharuan peta administrasi Desa Blimbing, sebuah desa yang terletak di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang.

Teknologi Geographical Information System (GIS) dan citra Google Earth terbukti menjadi alat yang sangat efektif dalam membantu proses pembaharuan peta administrasi. Dengan teknologi ini, mahasiswa mampu mengintegrasikan data spasial dengan informasi atribut dari berbagai sumber. Data-data ini meliputi batas-batas desa, jaringan jalan, sungai, dan yang tidak kalah penting adalah titik-titik fasilitas umum di Desa Blimbing seperti sekolah, puskesmas, tempat ibadah, dan sarana publik lainnya.

Proses pembaharuan dimulai dengan pengumpulan data-data yang diperlukan. Tim mahasiswa berkeliling desa untuk mengidentifikasi dan mencatat lokasi serta atribut dari fasilitas-fasilitas umum yang ada. Setelah itu, data-data ini diolah dan dimasukkan ke dalam sistem GIS. Citra Google Earth juga dimanfaatkan untuk memetakan area secara visual dan akurat.

Salah satu anggota tim, Rozan, menyatakan, “Pemanfaatan teknologi GIS dan citra Google Earth sangat membantu kami dalam melengkapi data peta administrasi Desa Blimbing. Kami dapat dengan cepat menggambarkan perubahan-perubahan yang telah terjadi dalam lingkungan desa, serta memperbarui informasi mengenai fasilitas-fasilitas umum yang ada.”

Setelah semua data terkumpul dan dimasukkan ke dalam sistem, mahasiswa melakukan tahap verifikasi lapangan untuk memastikan keakuratan informasi yang tertera pada peta. Hal ini melibatkan interaksi langsung dengan masyarakat desa untuk memastikan bahwa data yang disajikan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Bapak Trisnoyoni, Kepala Desa Blimbing, mengapresiasi upaya mahasiswa KKN UNDIP dalam melakukan pembaharuan peta administrasi desa. “Kami sangat berterima kasih atas kerja keras dan dedikasi mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi desa kami. Pembaruan peta administrasi ini akan sangat bermanfaat dalam perencanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Dengan selesainya program kerja ini, Desa Blimbing memiliki peta administrasi yang lebih akurat dan terkini. Pembaharuan ini akan berdampak positif pada perencanaan pembangunan, alokasi sumber daya, dan penyediaan pelayanan kepada masyarakat. Inisiatif mahasiswa KKN UNDIP ini menjadi contoh inspiratif bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dengan kegiatan kemanusiaan untuk menciptakan perubahan yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *