Hebat! Mahasiswa KKN Undip Menyulap Limbah Budidaya Lele Menjadi Pupuk Organik Cair Serbaguna

Pemalang (09/08/2023) – Pada semester ini Universitas Diponegoro menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan pengabdian pada masyarakat yang sesuai dengan point terakhir pada Tri Dharma Pendidikan yaitu terjun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas. Salah satu mahasiswa KKN Tim II periode 2023 Universitas Diponegoro, Audy Salsabila Firdausiah (21) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan telah melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu “Pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah budidaya lele” sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Saat ini, budidaya perikanan merupakan sektor ekonomi yang memiliki potensi sangat besar dalam pembangunan nasional. Salah satu budidaya perikanan di Desa Blimbing ialah budidaya ikan lele. Budidaya ini tentu akan menghasilkan limbah yang jika tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan kerusakan pada ekosistem perairan yang ada sekitar desa Blimbing. Tidak dilakukannya pengelolaan limbah dengan baik dapat disebabkan karena kurangnya pemahaman pembudidaya dalam mengelola limbah. Selain itu, tidak adanya alternatif lain juga menjadi alasan mengapa limbah tidak digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

Adanya program pelatihan pembuatan pupuk organic cair (POC) dari limbah budidaya lele merupakan salah satu upaya untuk mengatasi terjadinya pencemaran ekosistem yang diakibatkan dari limbah budidaya. POC merupakan suatu pupuk yang terbuat dari pembusukan bahan bahan organik seperti sisa tanaman, kotoran hewan dan manusia yang unsur haranya lebih dari satu unsur. Pada pembuatan pupuk organik cair ini membutuhkan beberapa bahan diantaranya yaitu air limbah budidaya lele, EM4 dan gula jawa dengan perbandingan 50:1:1. Cara membuat POC cukup sederhana diantaranya yaitu masukan gula jawa yang telah dilarutkan dengan air kedalam limbah budidaya lele, kemudian masukan EM4. POC sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman, meningkatkan daya tahan tanaman dari kekeringan, meningkatkan kemampuan pembentukan bakal buah dan bunga, merangsang pertumbuhan cabang produksi, mengurangi gugurnya daun, buah dan bakal buah.

Saat melakukan pelatihan pembuatan POC dari limbah budidaya lele, ibu ibu P2K2 sangat antusias terutama pada saat pemaparan materi. Selain itu, ibu ibu juga aktif bertanya dan ingin langsung mencoba membuat POC sendiri diurmah masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *