Jenius! Mahasiswa KKN Undip Menghadirkan Infografis Kreatif untuk Menggambarkan Kependudukan Desa Blimbing

Pemalang (20/07/2023) – Mahasiswa KKN Tim II Undip periode 2022/2023 telah berhasil menciptakan sebuah solusi kreatif yang menarik bagi masyarakat Desa Blimbing, Kabupaten Pemalang. Dalam upaya untuk memperkuat pemahaman masyarakat tentang keadaan masyarakat Desa Blimbing, Mahasiswa KKN Undip telah merancang serangkaian infografis kependudukan yang menggambarkan data demografi secara visual. Program ini merupakan program monodisiplin.

Infografis, sebagai bentuk representasi visual dari data kompleks, telah menjadi alat yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi secara cepat dan mudah dicerna. Mahasiswa KKN mengenali potensi besar dalam penggunaan infografis untuk membangun kesadaran masyarakat tentang keadaan kependudukan di Desa Blimbing.

Dalam proses pembuatan infografis, Mahasiswa KKN melakukan survei kepada perangkat desa untuk melihat data-data yang tersedia. Dalam hal ini, Desa Blimbing sudah mempunyai rekap data terbaru tapi belum ada visualisasi yang dibuat. Sehingga, Rozan, salah satu mahasiswa KKN Undip, berinisiatif untuk membuat infografis untuk mempermudah pembacaan data bagi perangkat desa dan masyarakat Desa Blimbing. Pembuatan infografis ini melibatkan data kependudukan, berupa data jenis kelamin, data usia, data pendidikan, dan data pekerjaan.

Bentuk fisik infografis sudah diberikan kepada perangkat desa di Balai Desa. Infografis ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menggambarkan kondisi masyarakat Desa Blimbing dan dapat digunakan dalam membuat kebijakan yang lebih baik untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *